Istana Siap Mediasi Perselisihan Antara Aplikator dan Pengemudi Ojol Tentang Potongan Biaya

Istana Presiden dengan senang hati akan bertindak sebagai perantara antara para supir kendaraan. ojol dengan alat bantu yang berkaitan dengan perselisihan komisi.
"Kami sedang berupaya menyambungkan komunikasi antara aplikator dengan para pengemudi ojek online demi menemukan kesepakatan," ungkap Menteri Sekretariat Negara Prasetyo Hadi saat memberikan keterangan kepada jurnalis di Istana Merdeka Jakarta, Jum'at (23/5).
Menurut data yang diterimanya, supir meratifikasi pemotongan sebesar 20%. "Sahabat-sahabat kami (pengendara ojek online) berharap untuk mencapai kenaikan hingga 10%," imbuh Prasetyo.
Pengendara layanan ojek online juga menyuarakan keluhan terkait pemotongan oleh perusahaan aplikasi yang melebihi batas 50%. Mereka merasa bahwa aturan ini bertentangan dengan Pasal Kepmenhub KP Nomor 1001 tahun 2022, di mana disebutkan bahwa komisi tertinggi adalah 15%, serta biaya pendukung sebesar maksimum 5%.
Aplikator seperti Gojek Grab, Maxim, dan inDrive menjamin bahwa komisi mereka tidak melampaui batas yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan atau Kemenhub. Menurut Tirza R Munusamy, kepala Urusan Publik untuk Grab Indonesia, perusahaan tersebut tidak akan mengenakan biaya pemotongan aplikasi di atas 20%.
“Kami menegaskan hanya mengenakan maksimum di 15% + 5%, tapi banyak yang salah paham. Perhitungan tersebut didasarkan pada tarif dasar, sedangkan kami (Grab) menerapkan platform fee ," ujarnya saat menghadiri diskusi di Jakarta, pada Senin malam (19/5).
Dia mengungkapkan kesalahpahaman yang diterima oleh pengemudi ojol dan taksi online , yaitu menentukan jumlah komisi berdasarkan biaya yang dibayarkan oleh penumpang serta yang dikantongi driver .
"Cara perhitungan untuk mitra pengemudi seharusnya adalah sebagai berikut: penumpang membayar Rp 12 ribu dan dari jumlah tersebut, biaya layanan kepada Grab yaituRp 2 ribu harus dipotong terlebih dahulu sehingga sisanya menjadi Rp 10 ribu. Kemudian, pendapatan si pengemudi diperoleh dengan mengurangkan tarif yang didapatnya, yakni Rp 8 ribu, dari total itu. Jadi, selisih antara Rp 10 ribu dan Rp 8 ribu ini mencerminkan potongan aplikasi sebesar Rp 2 ribu atau 20%," jelasnya tambahan.
Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah GoTo Gojek Tokopedia, Ade Mulya, menegaskan bahwa perusahaannya tidak melanggar aturan dari Kementerian Perhubungan mengenai batas atas pengenaan potongan sebesar 20%.
Pada saat bersamaan, Maxim menetapkan tarif bagi hasil atau komisi sebesar 5% hingga 15%. Tarif komisi 15% umumnya digunakan di Jakarta. Akan tetapi, masih ada beberapa area di Jakarta yang memberlakukan bagihasil antara 5% sampai dengan 10%.
Pengemudi baru akan dibebani komisi sebesar 5% saat mereka mempromosikan perusahaan tersebut, umpamanya. branding Logo perusahaan terpasang pada aplikasi di ponsel atau sepeda motor, ditambah dengan penggunaan jaket dan helm ber-logo perusahaan. Selain itu, Maxim tidak membebankan biaya layanan kepada aplikatornya.
Selain itu, inDrive mengenakan komisi 10,55% per transaksi mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol. Ini termasuk untuk layanan berbagi tumpangan atau ride hailing , pengiriman barang, serta hal-hal lainnya.
Namun, yang menjadi perdebatan bagi para driver ojek online adalah program seperti argo goceng alias aceng, Hemat, dan slot. Fitur-fitur semacam itu dikritik karena menghasilkan pemotongan hingga 50%.
Ojol Mengeluhkan Pengurangan Pendapatan dari Aplikator Capai 50% Karena Masalah Aceng Hingga Slot
Menurut sejumlah driver ojol, istilah aceng mengacu pada program Mitra GoFood Jarak Dekat dari Gojek. Ini adalah pilihan yang dapat diambil oleh para mitra dan bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan. Driver Pengemudi ojek online harus mendaftar sebelumnya bila ingin ikut serta.
Menurut kutipan dari YouTube EdiGojekChannel, program Mitra GoFood Jarak Dekat dirancang untuk para mitra yang ingin mengantar pesanan GoFood dengan jarak pendek di area tertentu saja.
Proyek ini dapat ditemui di berbagai tempat seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, serta Palembangan. Sebagaimana disebutkan dalam gambaran layar atau screenshoot yang diposting oleh kanal YouTube EdiGojekChannel pada tahun kemarin, "Mitramu hanya akan aktif di zona tertentu sesuai dengan wilayah kerja yang sudah ditetapkan terlebih dahulu."
Berdasarkan foto itu, kurang lebih ada tiga kilometer untuk mengantar pesanan. Jarak ini nanti akan ditinjau kembali sesuai dengan situasi banyaknya permintaan dan jumlah supir yang sedang online.
Jika driver Pengemudi ojek online tidak dapat melayani area yang bukan menjadi bagian dari zona operasionalnya, sehingga mereka tidak akan bisa mengambil pesanan di daerah tersebut. Karena itu pula, driver ojek daring harus memastikan diri mereka hanya terlibat dalam layanan di lokasi yang telah ditentukan. online juga menyebutnya dengan istilah slot, karena harus masuk ke area tertentu.
Pemilik akun YouTube itu mengatakan beberapa pengemudi ojol mengeluhkan jarak tempuh lebih dari tiga kilometer, namun uang yang diperoleh hanya Rp 5.000. Driver yang sudah mendaftar program itu, tidak bisa langsung membatalkan pendaftaran.
Agar bisa berpindah dari akun GoFood Jarak Pendek ke yang standar, yaitu ketika perusahaan membuka registrasi ulang, para kurir wajib memberikan surat pemutusan hubungan dengan mengirimkan surel ke alamat driversupport@gojek.com sebelum mereka mendaftar kembali sebagai mitra regular.
"Catatan: penerimaan mitra roda dua regular bergantung pada keberadaan pembukaan pendaftaran untuk mitra regular," sebagaimana dijelaskan.
Frengki Herawan, seorang mitra driver ojek online, mengatakan bahwa para pengendara cuma mendapat upah antara Rp 5.000 sampai Rp 7.000 ketika mereka berpartisipasi dalam skema aceng. Namun demikian, pelanggan dapat ditagih tarif pengiriman yang lebih tinggi dari jumlah itu.
Sri, seorang pengemudi ojek online lainnya, mengatakan bahwa saat dia berusaha memesan GoFood, jumlah yang perlu dibayar pelanggan adalah Rp 20 ribu, namun dia hanya menerimaRp 5.000.
Apakah Aceng ditempatkan di Kementerian Perhubungan atau Kemenhub? Bila mengacu pada Peraturan Menteri Kominfo No. 8 Tahun 2025 tentang Layanan Pos Komersial yang baru saja diluncurkan, fitur-fitur dari jasa seperti GoFood dan GrabFood juga menjadi bagian yang diatur dalam aturan tersebut.
Perusahaan layanan pos merupakan pemberi fasilitas jasa komunikasi berbasis tulisan serta atau email, pengiriman paket, manajemen logistik, aktivitas finansial, dan agen pos yang bertujuan melayani publik. Beberapa contohnya meliputi Pos Indonesia, JNE, J&T Express, Tiki sampai dengan SPX.
Asosiasi Perusahaan Jasa Kurir, Paket, dan Logistik Indonesia atau dikenal dengan sebutan Asperindo juga menekankan bahwa Peraturan Menteri ini diharapkan mencakup seluruh perusahaan yang terlibat dalam kegiatan penanganan jasa pos, kurir, serta logistik. Hal itu melibatkan proses dari awal hingga akhir termasuk pengambilan barang (pengumpulan), pemeriksaan dan persiapan (pemrosesan), pengiriman (pengangkutan), sampai dengan penyerahan kepada konsumen (pengantarannya).
RB NEWS.co.id Mengecek apakah GrabExpress, GrabFood, GoSend, dan GoFood termasuk dalam Peraturan Menteri Kominfo No. 8 Tahun 2025 yang diberikan kepada Kementerian Kominfo sejak minggu lalu, tetapi hingga kini belum menerima balasan.
Apabila tergolong dalam aturan tersebut, maka program aceng bisa diberi batasan hingga maksimum tiga hari per bulan. Tarif pasca-diskon harus tetap melebihi biaya dasar yang mencakup upah pekerja, ongkos transportasi, layanan aplikasi, teknologi, ditambah beban akibat kemitraan untuk menyediakan fasilitas dan infrastruktur, serta kerjasama dengan pengusaha atau pihak lainnya.
Selain aceng, pengemudi ojol mengeluhkan program yang disebut slot. Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh mitra pengemudi ojol di YouTube, sistem slot GoRide ini mengarahkan driver untuk:
- Memilih lima area operasional yang tersedia sesuai dengan yang mitra inginkan
- Mendapatkan tambahan pendapatan
- Mendapatkan trip atau perjalanan dengan titik jemput dan titik antar di area operasional yang telah mitra pilih
"Partner dapat mencabut pemilihan jadwal yang sudah diambil 60 menit sebelum waktu operasi dimulai," seperti disebutkan.
Akun YouTube Pemburu Orderan menyebutkan bahwa apabila pengemudi ojek online bergabung dalam program slot GoRide, mereka hanya akan menangani jasa antar penumpang saja. Area pelayanan ditentukan berdasarkan daerah yang telah dipilih sebelumnya.
Menurut informasi yang saya dapatkan, penghasilan hanya mencapai batas minimal seperti contohnya di kota saudara-saudara kita. driver Tarif minimalnya adalah Rp 8.000, jadi pendapatan mereka sebesar itu," ujar akun YouTube Pemburu Orderan.
Program ini diawali dengan bonus seperti contoh berikut: jika saudara-saudari selesai melaksanakan 24 perjalanan atau mencapai 95% dari total pesanan, nantinya akan menerima tambahan uang senilai Rp 150 ribu. Meskipun demikian, abang-abang tahu sendiri lah , lama-kelamaan akan seperti apa?" dia menyatakan.
Akun YouTube FS Santuy menyebutkan bahwa slot di Grab telah dibagi ke dalam beberapa interval waktu. "Kamu hanya akan menerima pesanan ketika berada di area yang dipilih," sebagaimana tertera di sana. screenshot aplikasi Grab yang ditampilkan.
Pengemudi ojek online memiliki kemampuan untuk mengatur atau membebaskan jadwal kerja mereka. Ini berarti terdapat 'kuota' tersedia pada waktu-waktu tertentu di area tersebut yang bisa dipakai oleh pengendara lainnya. driver lain.
Biaya standarnya adalah Rp 6.600, pada jam-jam sibuk biasanya ada lima pesanan. Sedangkan dari pukul 2 hingga 5, umumnya diterima empat pesanan. Tetapi, sering kali muncul kasus double order. Setelah memainkan slot tersebut, jumlahnya ditambah lagi. Meskipun demikian, hal ini bisa bervariasi bergantung pada daerah apakah 'beruntung' atau tidak," ungkap pemilik channel YouTube FS Santuy. "Beberapa orang bahkan hanya berhasil mendapat dua pesanan di satu periode slot.
Mitra pengemudi ojek online Grab bernama Wawan menceritakan tentang program Slot. Bila ikut serta dalam program tersebut, status akun Reguler akan dinonaktifkan secara otomatis. Sebaliknya juga berlaku demikian.
Ia mengevaluasi volume pesanan pada akun Slot dan Reguler. Ternyata, jumlah pemesanan yang dia lakukan melalui akun Reguler lebih rendah daripada saat menggunakan fitur Slot.
Dia pun memperbandingkan tarif ojek online yang ada pada akun Regulernya dengan Slot di aplikasi temannya. Dengan demikian, Wawan menyadari bahwa komisi yang dikenakan oleh perusahaan pengemudi melebihi 50 persen.
"Konsumen membayar Rp 15 ribu, namun teman saya hanya menerima kira-kira Rp 7.000 (menurun 53,3%)," katanya saat diwawancara. RB NEWS.co.id , pada Februari (27/2).
Salah satu hambatan yang dihadapi saat memakai akun Slot adalah kondisi perjalanan bagi para sopir ojek. online berpotensi jauh. Ia mencontohkan driver Ojek online dengan profil Slot bertempat di Jakarta Timur, dan berharap untuk aktif di sekitar wilayah tinggalnya.
"Bila kuota pada area tersebut telah terisi, maka pengemudi ojol tersebut akan dipindahkan ke daerah lain seperti Bekasi," jelas Wawan. Rekan mitra pengemudi ojol yang bernama Marhali menambahkan bahwa sistem akun Kuota di Gojek serupa dengan Grab.
"Akun Reguler dibikin 'anyep'. Ada kalanya cuma dapetRp 7ribu dalam sehari (sebab nggak pake Slot)," ujarnya.
RB NEWS.co.id menyatakan hal tersebut ke Gojek dan Grab, tetapi belum menerima balasan.
Para pengendara ojek online yang melakukan protes pada tanggal 20 Mei juga menyuarakan ketidakpuasan terkait dengan program Grab Hemat, yang seharusnya bersifat pilihan bagi para mitra.
Mitra pengemudi ojek online Grab bernama Gunawan mengatakan bahwa dia terdaftar dalam program Grab Hemat. Driver Yang berlangganan akan dihitung biayanya sebagaimana berikut:
Jumlah Pesanan GrabBike Murah (setiap harinya) |
Biaya Langganan |
0 |
Gratis |
1 – 2 |
Rp 3.000 |
3 – 4 |
Rp 8.500 |
5 – 6 |
Rp 13.500 |
7 – 9 |
Rp 18.000 |
10 atau lebih |
Rp 20.000 |
Tarif itu diterapkan pada hari setelah mitra selesai mengerjakan pesanan. Uang akan dipotong dari Dompet Tunai Mitra pada saat hari kerja.
Biaya tersebut tidak tercakup dalam perhitungan sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan KP Nomor 1001 Tahun 2022, yang menentukan komisi paling tinggi mencapai 20%.
Gunawan menceritakan bahwa ketika dia menonaktifkan sistem Grab hemat, jumlah pesanan menjadi jauh lebih rendah. "Ini artinya membuat://" driver "Untuk mengoperasikan sistem ini," jelasnya kepada RB NEWS.co.id dalam kesibukan aksi demonstrasi ojek online , di Patung Kuda Monumen Nasional, Jakarta Pusat, pada Selasa (20/5).
Direktur Grab Indonesia bidang 2-Roda dan Logistik, Tyas Widyastuti, menegaskan bahwa tarif tersebut tidak termasuk dalam peraturan dari Kementerian Perhubungan. "Fasilitas ini bersifat pilihan tambahan dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sekelompok konsumen yang lebih luas," jelasnya.
Aceng, termasuk fitur Slot Hingga dan Grab Hemat menjadi keluhan dari para driver ojol dan taksi online yang berniat melakukan protes pada hari ini. Menteri Perhubungan atau Menhub Dudy Purwagandhi tidak menyentuh topik tersebut saat bertemu dengan beberapa perusahaan aplikasi, yaitu Gojek, Grab, Maxim, dan InDrive pada Senin (19/5).
Gabung dalam percakapan