Penampilan Lisa Blackpink di The White Lotus Bantu Dongkrak Minat Wisata ke Thailand

Musim ketiga. Grup idola wanita Korea Selatan Blackpink itu dianggap telah meningkatkan citra pariwisata internasional negara tersebut.

Pranpriya Manobal, seseorang yang lahir di Thailand, muncul sebagai karyawan hotel dengan nama tersebut. Disebutkan oleh Nation Thailand bahwa ia menawarkan perspektif lokal yang unik. Penampilannya tidak hanya menarik perhatian wisatawan dari Eropa dan Amerika, tetapi juga penggemar dari negara-negara ASEAN.

Phuket dan Bangkok, serial tersebut telah memberikan efek sangat besar pada pariwisata Thailand.

Pencarian Pulau Koh Samui Meningkat 88 Persen

Musim ketiga serial HBO ini telah menyebabkan lonjakan pencarian internet untuk Koh Samui sebesar 88 persen dan peningkatan pemesanan hotel di pulau tersebut sebesar 44 persen, menurut para eksekutif pariwisata Thailand seperti yang dilaporkan

Ratchaporn Poolsawadee, Wakil Ketua Dewan Pariwisata Thailand, memperkirakan bahwa Koh Samui mungkin tidak mengalami musim sepi tahun ini karena serial yang populer yang secara satir mengeksplorasi kehidupan pegawai dan tamu kaya di sebuah resor eksklusif di Thailand.

.

Sejak iklan musim terbaru dimulai, pencarian daring untuk Koh Samui telah meningkat sebesar 88 persen. Episode pertama dari delapan episode serial tersebut tayang perdana pada 17 Februari di Max, episode berikutnya dirilis setiap minggu.

The Four Seasons Resort Koh Samui muncul sebagai White Lotus Resort & Spa fiktif dalam serial tersebut. Adegan lainnya difilmkan di resor Anantara Bophut, Anantara Lawana, dan Anantara Mai Khao Phuket.

Serial ini tidak hanya menampilkan hotel, tetapi juga beberapa tempat ikonik di Thailand, seperti Wat Phra Yai (Kuil Buddha Besar) di Pulau Samui, Desa Nelayan, dan Koh Phangan yang berdekatan. Lokasi-lokasi tersebut diharapkan menjadi destinasi wisata baru bagi penggemar serial ini.

Minat Wisatawan Inggris Naik

Menurut Opodo, sebuah perusahaan perjalanan yang didirikan oleh maskapai penerbangan Eropa, wisatawan Inggris menunjukkan minat yang paling besar pada Thailand, dengan peningkatan pencarian sebesar 53 persen dari tahun ke tahun.

Pada minggu pembukaan acara tersebut, penduduk Inggris menduduki peringkat ketiga dunia dalam pencarian destinasi Thailand. Koh Samui mengalami peningkatan pencarian sebesar 88 persen, sementara Phuket dan Bangkok masing-masing mengalami peningkatan sebesar 66 persen dan 61 persen, di kalangan pengguna Inggris.

Pemesanan akomodasi dan perjalanan juga meningkat. Reservasi di Koh Samui meningkat sebesar 44 persen dan di Bangkok sebesar 17 persen.

Ratchaporn mengatakan bahwa acara TV tersebut telah membawa dampak positif di sektor pariwisata. Agoda melaporkan peningkatan sebesar 12 persen dalam pencarian hotel untuk Koh Samui bahkan sebelum serial tersebut ditayangkan.

Selain itu, pencarian akomodasi oleh pengguna AS untuk pulau tersebut meningkat sebesar 65 persen sejak Januari. Negara-negara teratas yang mencari Koh Samui di Agoda adalah Israel, Jerman, Prancis, Inggris, dan AS.

Didukung Departemen Pariwisata Thailand

Produser The White Lotus Musim 3 mendapatkan dukungan dari Departemen Pariwisata, yang membantu produksi film internasional dengan anggaran lebih dari 50 juta baht atau sekitar Rp 24,2 miliar di Thailand.

Selain The White Lotus, ada beberapa produksi lain yang difilmkan di Thailand tahun lalu, seperti Jurassic World 4 dan serial TV Alien, dengan nilai total melebihi 7 miliar baht atau sekitar 3,4 triliun rupiah, kata Ratchaporn. Bagi Thailand, penampilan negara ini di film-film internasional menjadi salah satu bentuk soft power, yang menonjolkan kekuatan daya tarik budayanya.

THE TIGER | THE NATION | VN EXPRESS